Merdi Bumi biasa juga disebut  dengan Merdi Desa. Namun di desa kami lebih akrab dengan sebutan Merdi Bumi.Selain itu Merdi  Bumi juga dapat diartikan dengan Selamatan Desa atau pesta rakyat yang biasanya dilakukan rutin setahun sekali sebelum musim tanam penghujan tiba.

Pesta ini bukanlah ajang untuk pesta pora ataupun hura-hura namun pesta ini tak lain bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen raya dan harapan agar segala tanaman terhindar dari hama penyakit serta memohon keselamatan Kepada Allah Swt agar dapat terhindar dari segala mara bahaya dan juga bencana alam.

                Masyarakat di Desa kami merayakan acara Merdi Bumi dengan sedekah bumi atau tasyakuran.Kegiatan Merdi Bumi biasanya  diselenggarakan di Balai Desa oleh Panitia yang sudah dibentuk melalui musyawarah desa.Adapun acara yang berlangsung yaitu penyembelihan kambing,tahlil,serta pagelaran Wayang Kulit dan diakhir acara Merdi Bumi ditutup dengan Do’a bersama.

                Dalam acara Merdi Bumi selalu menghadirkan Acara Pagelaran Wayang Kulit.Hal itu dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya bangsa yang mempunyai nilai estetika tinggi dalam setiap penyajiannya.

Belum lama ini tepat pada hari Rabu-Kamis tanggal 26-27 Agustus 2015,desa kami merayakan acara Merdi Bumi dengan hiburan Pagelaran Wayang Kulit oleh “Ki Dalang Basuki” dari Ambal.Tema yang diambil dalam pagelaran Wayang Kulit tersebut yaitu “SEMAR BOYONG”.Pagelaran wayang  tersebut juga sekaligus menjadi  salah satu hiburan pada HUT Kemerdekaan RI yang ke-70.Alhamdulillah acara tersebut berlangsung meriah karena dihadiri oleh tamu undangan yang jumlahnya fantastis dari tahun sebelumnya. Dan akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini karena acara bisa berjalan lancar dan sukses.Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mempererat rasa persatuan kita dan selalu menjunjung tinggi nilai – nilai budaya kita yang hampir punah agar kelak bisa diwariskan atau dinikmati oleh para anak cucu kita.

               

               

               

 

 

Ditulis Oleh :TITI RIANTI
Pada : 09 September 2015 08:54:32 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar